Tim Van Damme Inspired by Tim Vand Damme

About me

Foto saya
nothing special from me,,,, just keep smile to the world ^__^

Followers

Buku Tamu

Blog

11 Mei 2010

ketika otak brsujud

assalamualaikum wr wb...
hallow kawand,, kali ini aku mau share dikit nih,,,,
langsung aja yaah cekidoooottt...
et et ettt...sebelumnya mari kita nulai dengan BASMALLAH!!
bismillahirrahmanirrahiim..

lanjuut,,,
et et eteeettt..
senyum dulu donk !! keep smile hihiii ^_^

otak memiliki 10 sampai 15triliun sel saraf yang masing masing sel saraf itu memiliki ribuan sambungan. kapasitas otak orang jenius hanya memakai 5-6 persen saja.


konon ketika seorang neurologi dari amerika serikat bernama doktor fidelam mengkaji saraf otak ia amat terkagum kagum atas penemuanya itu. ternyata terdapat beberapa saraf di otak manusia yang tidak di masuki darah, padahal setiap inci otak manusia memerlukan suplai darah agar bisa berfungsi secara normal. namun setelah menbuat kajian lanjutan, ia akhirntya menemukan bahwa darah tidak akan masuk ke urat saraf otak kecuali seseorang melakkukan sembahyang yaitu ketika sujud. urat itu memerlukan darah untuk beberapa saat tertentu saja, ini artinya darah akan memasuki urat itu mengikuti kadar shalat lima waktu yanng di wajibkan allah SWT, begitulah keagungan allah yang mampu membuat fidelma masuk islam.
otak adalah organ luar biasa dalam diri manusia, beratnya hanyya sekitar 1,5kg atau kurang lebih 5% dari total berat badan kita, tapi benda kecil ini dapat mengkonsumsi sekitar 30% dari seluruh cadangan kalori yang tersimapan di dalam tubuh.
otak memiliki 10 sampai 15 triliun sel saraf dan masing masing sel saraf memiliki ribuan sambunga yang terus berkembang selama terus di aktifkkan. anehnya , kapasitas memori otak sebanyak itu hany di gunakan sekitar 4-5 % oleh orang biasa, dan 5-6% oleh orang jenius. sampai sekarang para ilmuan masih belum memahami bagaimana penggunaan sisa memori sekkitar 94%.
fatimah wiyarandi uppps salah...:p Roger spery maksudnya hehe dia adalah seorang ahli biologi, menemuka 2 belah otak manusia yang cara bekerjanya sangat berbeda. otak kiri memiliki fungsi menganalisis dan otak kanan memiliki kemampuan untuk kreatif. meski banyak di tentang(Hmmmm), kalanngan ilmuan mengidentifikasi otak kiri sebagai otak feminin dan otak kanan sebagai otak  maskulin. tapi walaupun terpisah keduanya saling berhubgungan secara fungsional... kelainan akan terjadi karena hubungan fungsional itu terganggu.
sedangkan paul maclean, ahli neurologi dari AS, menemukan konsep satu kepala tiga macam otak (triune brain) pelatih super learning ini merumuskan 3 macam otak tersebut sebagai : satpam otak(otak reptil),manajer otak(sistim limbik), dan direktur otak(neokorteks).
di antara triune brain yang sangat penting dalam kegiatan  belajar mengajar adalah otak tengah atau otak mamalia, disinilah tersimpan organ terpennting yanng bernama amigdala - pusat kecerdasan emosi. sebagai mana di ketahui kecerdasan emosi sangat berperan penting dalam membuat otak akademis atau IQ bekerja sangat aktif. kecerdasa emosi juga adalah pengendalian keadan emosi. ada emosi positif dan ada negatif. kecerdasan emosi dapat memola diri untuk senantiasa berada dalam balutan kebahagiaan. ''happiness is a choice'' ujar pelopor psikologi positif, marti seligman.
dengan kecerdasan otak manusia diciptakan tuhan untuk mengatur diri, lingkungan dan dunianya. manusia bisa berperan mulia lakasana malaikat, namun juga bisa terdampar nista seperti layaknya bintang.
sekian
(majalah gontor/september 09')
heheheee....segitu dulu yeee para pembaca yg budiman,,,
terus ikuti perkembangan blog aku hiiihiii..
wassalam ^_^

0 komentar:


assalamualaikum Design by Pendi © 2009