Tim Van Damme Inspired by Tim Vand Damme

About me

Foto saya
nothing special from me,,,, just keep smile to the world ^__^

Followers

Buku Tamu

Blog

13 Feb 2010

mukjizat ruku dalam sholat

kita mungkin bertanya mengapa ruku' menjadi demikian penting?? 
tentunya karna ruku' mengandung mukjizat yang tidak ada pada gerakan kecuali ketika sholat.

pada saat melakukan ruku' otot-otot bagian depan seperti otot dada,perut dan kaki bagian depan akan berelaksasi. sedangkan otot tubuh bagian belkang seperti otot punggung, bagian belakang kaki dan pinggul secara berlahan akan berkontraksi karna badan relatif berat maka otot -otot ini mencurahkan energi yang cukup besar untuk menjaga stabilitas tubuh pada saat ruku'.
-mengapa rosulullh saw menyuruh meletakan kedua tngan diatas lutut bukan di paha???
    *pertama meletakan di atas kedua paha mengakibatatkan kedua pundak melengkung dan punggungpun menjadi cembung, hal ini tidak sesuai perintah agar punggung lurus.selain itu hal ini dapat menyesakan rongga dada sehingga akan sulit bernafas, ruang aktif paru-paru pun menyempit, otomatis oksigen yang terserap akan semakin sedikit.kuantitas darah yang kaya oksigen dan darah yang megalir sari makanan ke sel dan otot semakin sedikit, pembersihan sisa-sisa pembakaran dalam tubuh akan lambat, dan darah yang mengalirkan sari makanan ke otak pun akan sedikit, termasuk proses pembersihan sisa pembakaran di dalamnya.dalam waktu yang relatif singkat , semua itu dapat mneyebabkan kelelahan pada otot dan pikiran(strees)
    *kedua meletakan tangan di antara kedua paha  mengharuskan sesorang memindahkan salah satu kakinya merapat ke kaki yang lain sehingga sesuai dengan posisis tangan , apabila kaki merapat berarti jarak kaki sudah tidak sejajar lagi dengan dua pundak, posisi demikian mengakibatkan hilangnya keseimbangan tubuh dan pada saat ruku' akan goyah, hal ini tidak sesuai dengan tuntunan ke khusyu'an dan ketenangan saat beribadah kepada allah.
bisa saja menyesuaikan posisi tangan dan kedua paha dengan cara merapat kedua lutut. tanpa mngubah posis kedua kaki. tetapi...posisi tersebut menempatkan seluruh beban berat badan pada urat telapak kaki bagian dalam. kondisi seperti ini pada akhirnya menyebabkan retakanya lekukan kaki, atau yang du kenal dengan kai rata (flat foot).
      meletakan kedua tangan di lutut dan merenggangkan jari-jarinya hingga ke betis dapat menjamin kekencangan lutut secara sempurna, tanpa hal itu,, posisi ruku tidak dapat mengencangkan otot bagian kaki.
     merenggangkan jari di atas lutut juga dapat mengokohkan posisi tulag tempurung pda lutut, tidak seperti sebagian orang yang menekan lutut, jari jempolnya mengarah kedalam dan jari yang lainya mengarah kepada yang lain, posisi seprti ini akan menyebabkan tekanan pada bagian atas tempurung lutut, hungga akirnya lutut akan bergeser dari tempatnya semula.
   tuntunan rosululloh ketika ruku'.
berdasrakan tuntunan roslulloh saw ketika ruku, dua iku harrus rengang atau jauh dari dua lambung, posisi ini berbeda bagi wanita. wnita dianjurkan untuk merapatkan siku dan lambungnya agar dapat menutupi tubuhnya.mengapa posisi ruku berbeda antara laki2 dan wanita?
     dalam struktur anatomi , pada pundak tedapat tulang segi tiga . bagian dasar tulang segi tiga itu berada di atas, dan kepalanya di bawah, tulang ini berad di atas pundak dan di sebut tulang belikat, tulang belikat ini sangat bergantung pada posisi punggung.ketika kedua lengan diangkat sejajar dengan dua pundak dan di tekan kebelakang maka kedua ujung tulang segi tiga bagian luar akan terdorong ke belakang. ujung tulang segi tiga bagian dalam juga akan terdorong ke depan, punggung akan lurus dan dua pundak tidak melingkar.
     ketika seorang laki-laki merenggankan siku dari lambungnya saat ruku aka bagian bawah dan bgian luar dri segitiga tulang belikat itu akan tertekan ke belakang , posisi ini memperbaiki lingkaran dua pundak dan punggung yang bengkok ke depan sekaligus. selain itu hal inipun akan menambah ke legaan pada ronga dada dan paru-paru sehingga pembersihan dari sisa pembakaran akan berlangsung cepat.
     sementara pada wanita karena terdapat kedua payudara di dada maka sulit terjadi lingkaran pada pundak, kedua payudara itu sesungguhnya bisa menjaga kelurusan punggung. hanya saja ia tak bisa menghindarkan wanita dari kemungkinan tulang punggung ke depan.oleh karna itu ketika seorang wanita merapatkan siku dan lambungnya saat ruku, dia mendorong pundaknya ke arah atas kepala, sekaligus kebelakang. posisi ini berfungsi melindungi dari kemungkinan ulang punggung melengkung ke depan dan pundak bengkok ke depan. seluruh posisi ruku ini baik pada laki-laki maupun wanita, berusaha menjaga dan mengobati tubuh dari pundak atau punggung yang melengkung.

0 komentar:


assalamualaikum Design by Pendi © 2009